Anak lincah,bertubuh kecil tetapi berkelakuan besar...sedang menikmati belajar hal-hal baru

Toolbar dalam Delphi

       Banyak hal yang baru bisa kita ketahui bila sudah agak lama berkecimpung dengan masalah tersebut. Pada Delphi misalnya, walaupun terdapat begitu banyak perintah-perintah dari menu utamanya, sebenarnya tidak terlalu banyak perintah yang kita jalankan, tetapi ada beberapa perintah yang frekuensi penggunaanya begitu tinggi misalnya Save, Run, Compile, serta juga beberapa perintah lain. 
       Gunakan saja toolbar sebagai cara mudah & cepat untuk mengakses suatu perintah-perintah yang tingkat penggunakaanya begitu tinggi, tentunya hal ini dilakukan untuk apa yang sebut sebagai suatu efisiensi. Selain itu biar kita-kita nggak pada bööring.


Toolbar yang ada dalam Delphi berupa sekumpulan tombol untuk fungsi-fungsi yang sering digunakan.  Toolbar tersebut dikelompokkan dalam beberapa kelompok, yaitu Standard Toolbar, View Toolbar, Desktop Toolbar, Debug Toolbar, Component Palette, Internet Toolbar dan Custom.  Untuk menampilkan Toolbar, dari menu View | Toolbars dan pilih Toolbar apa yang akan ditampilkan.

Modul 2,Tugas individu 2
Sumber dapat dilihat di sini

GAMBAR 1 Tampilan toolbar 'Default' dari Delphi 5
            Beberapa perintah yang dibutuhkan mungkin telah terdapat pada toolbar. Tapi apabila perintah yang dibutuhkan tersebut belum terdapat pada toolbar, maka kamu dapat menambahkannya. Caranya dengan menekan mouse kanan pada toolbar, kemudian dari pop-up menu pilih Customize.

GAMBAR 2
Ingin merubah komposisi toolbar? Lakukan seperti pada gambar ini

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.